Sunday 8 June 2014

Ekspresi “shop till you drop” dapat berarti dua hal: kelelahan yang disebabkan oleh petualangan belanja yang liar (hanya melihat-lihat atau benar-benar belanja), atau dapat juga berarti bahwa Anda dijatuhkan oleh beban tagihan yang Anda akumulasi setelah bangun dari sihir belanja.
Jangan khawatir, hindari menjadi korban sekali lagi dengan tips-tips praktis berikut untuk membantu Anda belanja sesuai anggaran Anda:

1.   Apakah barang bermerek… bagus?

Sebagian orang menggunakan merek untuk mendefinisikan latar belakang, status sosial dan gaya hidup mereka. Meskipun demikian, dalam perjalanan untuk menampilkan potret gambar yang diinginkan, hal ini dapat mengakibatkan lubang yang dalam pada kantung mereka.
Meskipun demikian, jika dilakukan dengan baik, memburu barang bermerek dapat berarti penghematan uang. Pembelanja yang berakal sehat mencari kualitas, dan tidak termakan iklan yang terlalu berapi-api.
Dengan memilih untuk membeli sepasang sepatu bermerek yang lebih mahal yang menawarkan kualitas yang lebih baik, Anda dapat menghemat uang karena tidak perlu membeli sepatu baru lagi dalam waktu lama.
Demikian pula, tidaklah merugikan untuk bereksperimen dengan merek-merek lain dalam pencarian produk-produk berkualitas tinggi di pasaran. Anda tidak akan pernah tahu hingga Anda mencoba. Pada akhirnya, hal ini mungkin akan sepadan dengan waktu dan uang yang Anda keluarkan.

2.   Buat daftar dan patuhi

Fokus! Jangan biarkan gangguan-gangguan mengalihkan Anda dari aktivitas belanja. Ketahui dengan pasti apa yang Anda butuhkan dan jangan teralihkan oleh produk-produk lain.
Sebelum Anda meninggalkan rumah untuk mengisi ulang kulkas Anda, sangat bijaksana untuk membuat daftar hal-hal yang perlu Anda beli – dan lebih penting lagi, patuhi daftar tersebut. Kalkulasikan berapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan berdasarkan daftar tersebut dan cobalah untuk tidak melenceng terlalu jauh dari jumlah yang ditetapkan.

3.   Periksa nota belanja

Kesalahan terbesar sebagian pembelanja adalah tidak memeriksa pembelanjaan dan tagihan mereka sebelum meninggalkan konter pembayaran. Ini merupakan kebiasaan yang buruk yang sebaiknya ditinggalkan semua orang. Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan tepat seperti yang Anda bayarkan.
Boleh saja mempertanyakan selisih angka di konter pembayaran meskipun ada pembelanja yang tidak sabaran di belakang Anda. Kemungkinannya, mereka ikut mendengarkan ketimpangan yang Anda kemukakan tersebut. Anda bahkan dapat memperoleh dukungan dari sesama pembelanja yang sudah lelah ini. Masalah dapat diselesaikan dengan baik-baik dan selagi Anda menghemat, pembelanja lain diingatkan akan pentingnya memeriksa nota pembelian di tempat.

4.   Belanja sendirian

Berbelanja hemat paling baik jika dilakukan sendirian. Berbelanja dalam kelompok seringkali berakibat pada pembelian tak sengaja, umumnya karena tekanan kelompok.
Jika Anda berencana melakukan belanja singkat dengan anggaran khusus di kepala, yang terbaik adalah pergi sendiri tanpa teman yang dapat membawa Anda ke jalan mereka yang gila belanja.

5.   Belanja saat perut kenyang

Pernahkah Anda tergoda oleh berbagai macam makanan yang dipamerkan di etalase saat berjalan dari tempat parkir menuju pusat perbelanjaan? Tak peduli seberapa keras Anda mematuhi daftar belanja, Anda akan menemukan diri teralihkan oleh varian cream puffs baru yang baru saja diluncurkan yang dijual dengan harga promosi yang menggiurkan. Ini umum terjadi bila seseorang berbelanja dengan anak-anak. Anak-anak dapat menjadi penyebab pengeluaran ekstra di menit-menit terakhir aktivitas belanja Anda yang seharusnya singkat.
Merasa puas secara gastronomis dapat membantu mengurangi godaan aromatic dari outlet-outlet makanan dan membuat Anda serta keluarga lebih fokus pada apa yang dibutuhkan terlebih dahulu.
Hidup hemat perlu kemauan kuat dan disiplin. Meskipun demikian, dengan perencanaan matang di kepala, Anda mungkin tidak membutuhkan kekuatan Hercules untuk tidak besar pasak daripada tiang. Kelima tips praktis di atas akan membantu Anda untuk tidak melenceng dari rencana dengan lebih mudah.

0 komentar:

Post a Comment