Saturday 28 June 2014

Pertemanan adalah suatu hubungan antara satu orang atau lebih. Pertemanan memang berbeda tingkatannya dengan persahabatan, terutama dalam cara berkomunikasi dan ikatan yang terbentuk. Bisa dikatakan kalau pertemanan lebih formil sifatnya. Teman juga ada bermacam jenisnya, antara lain teman sekolah, teman seperjalanan, teman bermain, teman blogger dan sebagainya. Dalam memilih teman kadang kita juga harus selektif agar terhindar hal-hal yang negatif, karena ada sebagian orang yang mau berteman dengan kita karena mempunyai tujuan tertentu. Tapi itu tidak harus membuat kita jadi terlalu memilih dalam berteman, karena selama kita bisa menjaga diri dan tahu batas baik dan buruk, insya Allah kita bisa terhindar dari ajakan-ajakan yang tidak benar.
Dalam pertemanan seharusnya tidak dibatasi oleh usia, status, pekerjaan, kesamaan hobi dan sebagainya. Tapi berteman itu harus fleksibel, artinya mudah beradaptasi dengan tetap mematuhi batasan aturan, norma dan etika yang berlaku. Dengan menjalin pertemanan yang baik dan luas akan ada banyak manfaat yang kita rasakan, tidak hanya dari segi sosial tapi mungkin juga dalam segi ekonomi. Nah, saya di sini akan menjelaskan beberapa cara yang dapat digunakan dalam membangun pertemanan dengan orang-orang baru, diantaranya yaitu :

1. Tersenyum
Senyum merupakan salah satu modal utama yang harus Anda tunjukkan untuk menjalin pertemanan di tempat baru. Senyum merupakan bentuk yang paling sederhana tapi memiliki efek yang luar biasa. Ketika Anda berada di lingkungan atau tempat baru, berikanlah senyuman tulus kepada mereka. Dengan begitu, mereka akan bisa menilai positif mengenai diri Anda dan pertemanan akan terjalin dengan mudah.

2. Gunakan bahasa tubuh yang baik
Komunikasi non verbal atau bahasa tubuh juga perlu Anda perhatikan ketika berada di tempat atau lingkungan baru. Hindari bahasa tubuh yang buruk, seperti pandangan sinis kepada orang lain atau memperliahatkan gerakan-gerakan aneh lainnya. Untuk itu, perlihatkanlah bahasa tubuh yang baik dan sopan agar bisa menjalin pertemanan dengan mereka.

3. Memulai percakapan ringan
Mengajukan pertanyaan ringan kepada orang baru bisa menambah keakraban Anda dengan mereka. Untuk itu, mulailah ajukan pertanyaan ringan agar membuatnya merasa diperhatikan. Sebagai contoh seperti sebuah pertanyaan apa kabar? ataupun yang lain sebagainya. Namun, jangan mengajukan pertanyaan saat mereka sedang sibuk atau sedang tak ingin diganggu. Hal tersebut malah membuat Anda sulit untuk menjalin pertemanan dengan mereka.

4. Ucapan terimakasih di akhir pembicaraan
Ketika selesai dalam sebuah percakapan janganlah lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih dan selalu buat pikiran Anda terbuka, jika Anda berniat menjalin pertemanan dengan orang lain. Setelah semua Anda lakukan, untuk selanjutnya, jika Anda bermaksud menjalin pertemanan tindak lanjuti dengan menghubungi nomor kontak teman baru ini.

5. Meminta teman kita untuk diperkenalkan teman baru
Dalam hubungan pertemanan tentunya kita dapat mendapatkan banyak manfaat diantaranya adalah kita dapat meminta teman kita untuk diperkenalkan kepada teman baru. Terkadang kita malu untuk memperkenalkan diri kita sendiri dalam hubungan pertemanan baru, maka ketika kita sudah mempunyai teman kita dapat menjadikan teman kita itu sebagai media perantara untuk mendapatkan teman baru.

6. Menjaga hubungan pertemanan
Ketika hubungan pertemanan sudah terjalin di tempat baru, Anda disarankan untuk bisa menjaga hubungan tersebut. Tujuannya adalah agar hubungan pertemanan itu terasa menyenangkan. Hindari berbagai hal yang bisa memicu pertengkaran, seperti berebut pacar, memamerkan kekayaan, dan lain sebagainya. Baca juga : Tips/cara mempertahankan pertemanan

Semoga Bermanfaat :D 

0 komentar:

Post a Comment