Beberapa waktu yang lalu, koneksi internet saya mengalami masalah.
Sebetulnya bukan hanya kali itu saja, hanya memang yang terakhir itu
yang membuat saya jadi terpikir untuk menuliskannya menjadi sebuah
artikel.
Daripada anda terpaku mengklik terus menerus tombol connect internet
sambil bersungut-sungut, ada beberapa hal yang jauh lebih baik yang bisa
dilakukan jika koneksi internet anda mengalami masalah :
1. Menulis post/artikel
Jika anda adalah seorang blogger, anda dapat mulai memikirkan dan
menulis artikel untuk anda post-kan berikutnya. Akan jauh lebih mudah
untuk fokus menulis artikel pada saat anda tidak terhubung dengan
internet. Biasanya jika koneksi ke internet lancar, kita seringkali
tergoda untuk ‘surfing’ dulu.
Tidak apa-apa memiliki 2 atau lebih artikel yang menunggu untuk di-post-kan, bahkan sangat baik. Artikel ekstra tersebut untuk menjaga-jaga barangkali suatu saat anda sakit atau berpergian sehingga anda tidak sempat menulis artikel.
Tidak apa-apa memiliki 2 atau lebih artikel yang menunggu untuk di-post-kan, bahkan sangat baik. Artikel ekstra tersebut untuk menjaga-jaga barangkali suatu saat anda sakit atau berpergian sehingga anda tidak sempat menulis artikel.
2. Rapihkan meja kerja anda
Saya menemukan bahwa begitu melegakan jika kita memindahkan gelas
kopi/teh kosong di atas meja, merapihkan kertas-kertas yang bertebaran
dan membuang benda-benda yang sudah tidak kita perlukan lagi. Meja kerja
yang rapih dan bersih akan membuat pikiran kita juga menjadi jernih.
Dalam sebuah artikel yang saya baca, Brian Tracy, menyatakan bahwa ia tidak akan mempromosikan manajer yang memiliki meja kerja berantakan, meskipun ia telah melakukan tugasnya dengan baik. Alasannya cukup sederhana, ia tidak akan mempercayakan tanggung jawab pada seseorang yang tidak dapat mengatur dirinya sendiri.
Lihatlah saat ini pada meja kerja anda ….. dan itulah refleksi diri anda.
Dalam sebuah artikel yang saya baca, Brian Tracy, menyatakan bahwa ia tidak akan mempromosikan manajer yang memiliki meja kerja berantakan, meskipun ia telah melakukan tugasnya dengan baik. Alasannya cukup sederhana, ia tidak akan mempercayakan tanggung jawab pada seseorang yang tidak dapat mengatur dirinya sendiri.
Lihatlah saat ini pada meja kerja anda ….. dan itulah refleksi diri anda.
3. Rapihkan isi komputer anda
Merapihkan isi komputer sama pentingnya dengan merapihkan meja. Anda
dapat berpikir lebih jernih tanpa 20 lebih icon dan file pada bagian
desktop anda. Anda pun dapat bekerja lebih mudah dan efisien jika
menaruh file-file tersebut pada folder khusus. Buang juga
shortcut-shortcut di desktop dan bookmark pada browser anda yang sudah
tidak pernah anda buka lagi. Anda juga dapat meng-uninstall
program-program yang membuat komputer anda menjadi lambat atau
program-program yang sudah tidak berguna lagi.
4. Mengupdate isi komputer anda
Gara-gara menulis artikel ini, saya jadi terpikir untuk mengupdate
isi komputer saya. Anda coba lihat kembali list alamat email teman-teman
pada program email anda (outlook express atau microsoft outlook).
Mungkin banyak alamat email yang sudah usang atau teman-teman anda sudah
memiliki alamat email baru. Anda bisa melakukan update terhadap
alamat-alamat email tersebut.
Atau mungkin lagu-lagu mp3 dalam komputer anda sudah diputar puluhan dan bahkan ratusan kali, sehingga anda membutuhkan penyegaran dengan menambahkan lagu-lagu baru.
Atau mungkin lagu-lagu mp3 dalam komputer anda sudah diputar puluhan dan bahkan ratusan kali, sehingga anda membutuhkan penyegaran dengan menambahkan lagu-lagu baru.
5. Backup infomasi yang penting
Suatu ketika komputer saya pernah terkena virus yang aneh. Alhasil
window saya terpaksa diinstal ulang dan sebagian data-data penting saya
hilang. Saat itu saya belum memiliki backup data-data tersebut.
Inilah saatnya anda membuat backup terhadap data-data penting anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat backup :
Inilah saatnya anda membuat backup terhadap data-data penting anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat backup :
- Jika harddisk internal anda dipecah menjadi dua : drive C dan D, anda bisa meng-copy data penting anda dari drive C ke drive D.
- Meng-copy ke cd/dvd/harddisk eksternal.
6. Bersantai sejenak dan ambillah snack
Ada baiknya ada mengistiratkan mata anda sejenak dari depan komputer.
Terlalu lama di depan komputer membuat mata anda lelah dan tidak fokus.
Beristirahatlah. Pergilah ke ruang makan, dapur atau kulkas dan
makanlah sesuatu.
7. Pergilah keluar berjalan-jalan dan hirup udara segar
Jika poin no 6 (beristirahat sejenak dan snack) tidak membuat energi
anda bertambah, cobalah pergi keluar berjalan-jalan untuk menghirup
udara segar. Hal ini sangat membantu untuk menaikkan level energi anda
dan disisi lain menurunkan level stress anda. Jika anda berniat, anda
bisa melakukan langkah yang lebih jauh lagi, yaitu dengan pergi ke pusat
kebugaran.
Ini hanyalah beberapa saran yang pernah saya lakukan. Jika anda
pernah melakukan hal-hal positif lainnya pada saat anda mengalami
situasi yang sama, anda bisa mensharingkannya disini.
0 komentar:
Post a Comment